Senin, 18 Maret 2013

Minuman Berbusa Ancam Gigi Anak


Berbagai jenis minuman berbusa (bubble) menyebabkan kerusakan gigi pada anak dan kalangan remaja, demikian hasil sebuah studi. Mengonsumsi minuman yang mengandung karbonat meningkatkan kerusakan gigi sampai 59 persen pada anak berusia 12 tahun dan menyebabkan pengikisan sampai 220 persen pada anak usia 14 tahun, demikian hasil sebuah riset yang dimuat dalam Jurnal Kesehatan Gigi di Inggris.
Bagi mereka yang minum empat sampai lima gelas setiap harinya, maka resikonya akan meningkat sampai 252 persen bagi mereka yang berusia 12 tahun dan 513 persen bagi mereka yang berusia 14 tahun. Para peneliti menyatakan laporan riset ini akan bermakna bagi anak-anak dan remaja di Inggris.
Pengikisan pada gigi disebabkan oleh kimia asam yang terkandung dalam minuman berbusa. Bahan kimia itu akan mengikis dan membuat tanggal enamel yang melindungi gigi. Sementara gigi keropos disebabkan oleh gula yang bereaksi dengan gula yang menimbulkan karang gigi.
Survei itu dilakukan pada lebih dari 1.000 anak-anak dan remaja. Sebanyak 76 persen dari mereka berusia 12 tahun mengatakan mereka suka minum minuman berbusa, sementara mereka yang berusia 14 tahun mencapai 92 persen. Bagi seluruh kelompok umur, lebih dari 40 persen mengatakan mereka minum minuman berbusa empat gelas lebih setiap harinya.
Dr Peter Rock daru Universitas Birmingham mengatakan, "Riset ini mengidentifikasikan bahwa minuman berbusa menjadi faktor penyebab utama pengikisan dan kerusakan gigi pada anak-anak dan remaja." Katanya juga, "Minum minuman berbusa satu kali sehari juga dapat membuka peluang kerusakan gigi pada anak-anak."
Profesor Liz Kay, ahli bidang kesehatan gigi pada Asosiasi Dokter Gigi Inggris mengatakan pengikisan pada gigi menjadi masalah yang terus membayangi kesehatan gigi pada anak-anak di Inggris. Namun belum semua orangtua memahami perbedaan pengeroposan dan pengikisan gigi. "Riset ini menggarisbahwahi adanya masalah seputar pengikisan pada gigi dan mengidentifikasikan peningkatan resiko pada anak-anak yang minum minuman berbusa," katanya.
Ia mengatakan juga, "Para orangtua hendaknya memahami jumlah kandungan gula yang dapat menyebabkan keroposnya gigi. Keasaman yang disebabkan oleh mengkonsumsi gula dapat menyebabkan pengikisan pada gigi." "Sedangkan minum minuman berbusa dengan kandungan rendah gula juga masih dapat menyebabkan pengikisan pada gigi karena sifat asam pada gula," kata Profesor Kay.
Jenis minuman berbusa juga perlu mendapat perhatian orangtua. Minuman berbusa yang mengandung gula dianjurkan agar dijauhi, karena kombinasi keduanya akan menyebabkan kerusakan gigi.
Beri anak-anak aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan, misalnya berenang, basket atau bermain sepak bola. Hindari anak-anak untuk berlama menonton televisi. Jika anak mengalami kelebihan berat badan, maka orangtua dapat memilih jenis makanan dan minuman yang relatif pas, utamanya saat merayakan hari istimewa yang menyajikan permen coklat. (yz)
sumber : visual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar