Senin, 18 Maret 2013

Membersihkan Hidung Bayi



Hidung adalah salah satu jalan masuk pernapasan bagi manusia. Untuk itulah, kebersihannya perlu dijaga demi kelancaran pernapasan. Kalau orang dewasa bisa membersihkan sendiri. Tapi berbeda dengan si kecil anda. Karenanya, anda harus membersihkan kelancaran hidung si kecil agar napasnya tak terganggu oleh kotoran.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua bila ingin membersihkan hidung bayinya. Sebaiknya, janganlah membersihkan hidung anak terlalu dalam dan terlalu keras. Cuping hidung anak anda masih sangat lembut, jika terlalu dalam atau terlalu keras nantinya hidung anak anda akan terluka.
Sebelumnya, persiapkanlah alat bantu yang dibutuhkan untuk membersihkan hidung anak. Anda bisa menggunakan kapas pembersih yang lembut seperti cotton bud. Selain itu juga bisa dengan kain lembut seperti katun dan sapu tangan lembut yang ujungnya bisa dipilin. Lalu, persiapkanlah mangkuk yang berisi air hangat dan juga mangkuk untuk membuang kapas bekas pakai nantinya.
Jika anak anda kebetulan sedang mengalami pilek atau selesma, tentunya hidung akan mengeluarkan banyak lendir. Jika sudah begitu, anak anda akan bersin-bersin saat anda bersihkan hidungnya. Jadi jangan khawatirkan hal itu. Jika lendir terlalu banyak, anda bisa menyedot lendir bayi anda dengan menggunakan alat bantu seperti pipet khusus.
Cara penggunaannya cukup mudah, tekan saja pompa pipet hingga mengempis. Lalu masukkan ujungnya ke hidung si kecil, dan kembangkan pompanya. Maka, lendirnya akan tersedot. Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengulanginya. Caranya, tekan dan lepas bagian pompa berulang kali di dalam air sabun dan bilas dengan air hangat. (yz)
sumber : visual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar