Senin, 18 Maret 2013

Bayi Kurang Gizi Salah Ibu



Menentukan waktu yang tepat memberikan makanan tambahan untuk bayi perlu diperhitungkan. Sebab terlalu cepat memperkenalkan makanan Pendamping ASI (PASI) berakibat buruk pada bayi karena menurunkan konsumsi ASI-nya dan menganggu kerja organ pencernaannya sehingga ia bisa kena diare.
Sementara bila PASI diberikan terlambat juga akan menyebabkan anak kekurangan gizi bila terjadi dalam waktu panjang. Lantas kapan waktu paling tepat memberikan makanan tambahan pada bayi?
“Saat bayi berusia empat bulan ketika pencernaannya mulai kuat. Jangan sampai bayi kekurangan gizi karena terlalu lambat diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI,” jawab dr Indra Widjaja Himawan SpA.
Dipilihkan waktu usia 4 bulan karena pada dasarnya cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh bayi yang didapat dari ibu semasa dalam kandungan dan selama usia tiga bulan sejak lahir sudah mulai menurun.
Sedangkan bersamaan dengan pertambahan usianya, kandungan vitamin A dan C serta zat besi dalam ASI sudah menurun. Karena itu sejak usia empat bulan sudah perlu diberikan makanan tambahan yang mengandung vitamin dan mineral, selain tetap memberikan ASI.
Karena sifatnya hanya sebagai pendamping, maka makanan tambahan itu perannya tak boleh sampai menggantikan peran ASI. Bahkan kalau bisa, sampai usia bayi 2 tahun atau 24 bulan ia masih mendapatkan ASI dari ibunya. Mengingat tingginya kandungan zat gizi dalam ASI yang tak tergantikan dengan susu formula sekalipun.
“Seperti sudah sering saya katakan, susu sapi hanya untuk anak sapi, dan yang terbaik untuk bayi adalah ASI eksklusif dari ibunya,” tegas dr Indra. Dikatakan, baik susu formula ataupun sari buah sebagai makanan pendamping, keduanya harus diberikan dengan kekentalan sesuai aturan dan jumlahnya sesuai umur. Bila makanan PASI ini terlalu kental bayi akan cepat haus.
Sementara pemberian susu yang kekentalan terus-menerus dan berlebihan akan membuat bayi kegemukan yang berikutnya akan mendatangkan masalah baru yang lebih besar. Yang pasti, PASI sebaiknya tidak berikan mendekati waktu makan karena bisa menghilangkan selera makan bayi pada makanan utamanya, ASI. (cy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar