Senin, 18 Maret 2013

Kiat Ajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat



Ada baiknya mengajarkan bahayanya bahan berbahaya dalam jajanan kepada anak. Tentunya dengan bahasa yang mereka mengerti, supaya mereka dapat berpikir dulu sebelum membeli.
Dampingi anak saat menonton acara TV, berikan pengertian pada anak bahwa apa yang diiklankan TV tidak selalu bermanfaat sehingga tidak perlu semuanya dibeli atau dicoba.
Biasakan anak sarapan di rumah sebelum berangkat sekolah. Usahakan untuk selalu membekalinya dengan jajanan buatan sendiri yang lezat, bergizi dan bervariasi.
Biasakan makan bersama anak di meja makan dan masak bersama di dapur. Ini menciptakan suasana akrab dan menyenangkan anak. Anak mengenal bahan makanan dan belajar mengolah makanan yang sehat.
Ajarkan anak untuk memilih jajanan di lingkungan yang bersih, jauh dari tempat sampah, got atau kotoran (debu, asap kendaraan bermotor, dsb). Makanan yang dijual pun sebaiknya dalam keadaan tertutup, bersih dan tidak kotor (bekas dipegang-pegang orang).
Ajarkan anak untuk menghindari jajanan yang manis dan berwarna mencorong (es sirup, kue-kue, dsb) karena kemungkinan besar mengandung pemanis, pewarna dan pengawet buatan.
Orangtua juga harus memberi contoh untuk selalu memilih jajanan yang sehat, baik saat pergi keluar bersama anak maupun saat membawa jajanan sepulang kerja.
Kurangi frekwensi jajan anak dalam sehari atau seminggu jika memungkinkan. Ajarkan anak untuk menabung uang sisa jajanannya dalam celengan. (yz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar